Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami
makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
1.1
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam
bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,
bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan
janji
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)
resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan
perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
|
2.
Memahami
makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount,
narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
2.1
Merespon
makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek
sederhana (misalnya pengumuman, iklan,
undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan
sehari-hari
2.2
Merespon
makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
dalam teks: recount, narrative, dan procedure
|
Berbicara
3.
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
3.1
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,
bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan
membatalkan janji
3.2
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan
bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
|
4.
Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan
monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana
dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
4.1
Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan,
undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan
dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4.2
Mengungkapkan
makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
Membaca
5.
Memahami
makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
|
5.1
Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan,
undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
5.2
Merespon
makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
Menulis6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari |
6.1
Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan,
undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.2
Mengungkapkan
makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan
menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
Selasa, 20 November 2012
SK dan KD
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar